Cerdas Cermat : Soal Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Soal Cerdas Cermat kali ini mengenai sejarah Indonesia, khususnya sejarah Kemerdekaan Indonesia. Berikut ini contoh soal cerdas cermatnya:

1. Apakah :
     a. BPUPKI  atau;
     b. PPKI
Yang dalam Bahasa Jepang diesbut dengan Dokuritsu Junbi Inkai yang merupakan badan dengan tujuan mempersiapkan agenda kemerdekaan Indonesia?

Jawaban : b. PPKI
Pembahasan :
BPUPKI dalam Bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi Cosakai



2. Apakah :
     a. Laksamana Maeda  atau;
     b. Marsekal Terauchi
Yang merupakan nama perwira yang rumahnya digunakan Ir. Soekarno dan kawan-kawan merumuskan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia?

Jawaban : a. Laksamana Maeda
Pembahasan :
Marsekal Terauchi adalah perwira Jepang yang bertemu dengan Soekarno dan Hatta di Dalat, Vietnam yang menghasilkan keputusan bahwa Jepang menjanjikan kemerdekaan Indonesia akan diberikan pada tanggal 24 Agustus 1945.



3. Apakah :
     a. Rengas Dengklok  atau;
     b. Dalat
Daerah yang digunakan oleh golongan muda untuk mengasingkan Soekarno dengan tujuan mendesak Soekarno agar segera memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia dan tidak mendengarkan janji dari Jepang yang akan memberikan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1945.

Jawaban : a. Rengas Dengklok
Pembahasan :
Dalat adalah nama daerah di Vietnam, tempat bertemunya Soekarno-Hatta dengan Marsekal Terauchi yang menghasilkan keputusan bahwa Jepang akan memberikan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1945.



Tiga contoh soal di atas adalah contoh soal cerdas cermat dengan topik sejarah Indonesia. Nantikan contoh soal cerdas cermat lainnya
Newest
Previous
Next Post »

Komentar diluar konteks blog tidak akan ditayangkan ConversionConversion EmoticonEmoticon